Salam Pembuka

Selamat datang di blog kami "Warung IPS''
Selamat berpartisipasi

Senin, 13 Februari 2012

BENTUK MUKA BUMI (M.TEGUH)

Bentuk Muka Bumi
Kenampakan muka Bumi yang mungkin bisa kamu temui sehari-hari,seperti gunung, dataran, dan masih banyak lagi ternyata tidak terbentukdengan sendirinya. Keberadaannya seperti sekarang ini melalui prosespanjang dengan waktu yang lama. Bahkan, dimulai sejak 4,5 miliar tahunyang lalu (zaman arkeozoikum). Saat itu kerak Bumi baru mulai terbentuk.Dari zaman ke zaman kondisi Bumi mulai berubah hingga mendukungberkembangnya manusia purba. Salah satunya manusia purba Jawa (
Homoerectus
dan
Pithecanthropus erectus
) yang muncul pada kala pleistosen.Saat itu kondisi di muka Bumi hampir seperti sekarang ini, termasuk floradan faunanya. Namun, seiring berkembangnya kondisi permukaan Bumikehidupan di Bumi pun turut berubah. Perubahan muka Bumi ini jugadidukung oleh faktor alami. Bahkan, tidak jarang perubahan ini disertaidengan bencana alam. Oleh karena itu, perlu mengenali dinamikanya agarlangkah antisipasi yang tepat bisa dilakukan.
1.Keragaman dan Proses Pembentukan Muka Bumi
Bumi yang bulat mempunyai susunan mirip telur. Kuning telur mewakiliinti Bumi (
core
), putih telur mewakili selubung Bumi (
mantle
), dancangkangnya mewakili kerak bumi (
crust
). Kerak ini berkembang pada masa
arkeozoikum
. Ketebalan kerak Bumi yang kita tinggali ini hanya 30–80 km.Di dasar samudra kerak Bumi lebih tipis lagi, yaitu antara 5–7 km. Teballapisan selubung Bumi yang berada di bawah kerak bumi mencapaikedalaman sampai 2.900 km. Selubung dibagi dua, yaitu lapisan atas danlapisan bawah. Lapisan atas bersifat lembek, sangat panas, dan dapat mengalir keluar. Selubung di lapisan bawah lebih padat dan tegar karenatekanan di dalam Bumi yang besar. Bagian inti yang berupa material nikelbesi bersifat cair dan sangat panas di lapisan luar.
Sumber:
Geography Essentials 3
Gambar 1.2
Lapisan Bumi 
KERAK
- Lapisan terluar bumi.- Terdiri atas batuan padat.
SELUBUNG (Mantel)
- Batuan padat dan batuanlembek yang disebut magma.- Suhu >2.000°C.
INTI
- Bagian bumi yang paling dalam.- Suhu >3.000°C.- Terdiri atas inti dalam dan inti luar.
Kerak samudraKerak benuaSelubung atasSelubung bawahInti luar Intidalam
 
4
Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas VII
Suhu yang sangat panas (di atas 3.000°C) dan tekanan yang kuat membuat inti Bumi selalu bergolak. Pergolakan ini menimbulkan tenagayang mahadahsyat sehingga menekan batuan cair pada saat selubungterdesak keluar ke permukaan Bumi dan akhirnya membentuk muka Bumi.Tenaga yang berasal dari dalam Bumi inilah yang disebut tenaga endogen.Sementara tenaga endogen bekerja, muka Bumi yang telah terbentuk akandiubah oleh tenaga dari luar Bumi yang disebut tenaga eksogen. Inilah duatenaga yang memegang peranan di wajah Bumi. Berikut dijelaskan tentangkedua tenaga tersebut membentuk wajah Bumi dan bentang alam yangdihasilkannya.
a.Tenaga Endogen
Tenaga yang berasal dari dalam Bumi ini merupakan tenaga yangbersifat membangun. Suatu daerah yang semula datar dengan adanyatenaga endogen bisa timbul pegunungan melalui proses yangmembutuhkan waktu lama. Tenaga ini dikategorikan menjaditektonisme, vulkanisme, dan seisme.
1)Tektonisme (Diastropisme)
Proses tektonisme bisa disamakan dengan dislokasi yang berartidisertai dengan perubahan letak lapisan kulit Bumi dari kedudukansemula. Perubahan ini bisa secara vertikal maupun horizontal.Tektonisme berpengaruh pada wilayah yang luas. Berdasarkankecepatan gerakan dan luas wilayah yang terkena pengaruh,tektonisme dibedakan menjadi dua.
a)Gerak Epirogenesa
Gerak inilah yang membentuk benua. Gerakan iniberlangsung dengan sangat pelan sehingga kadang tidak kitarasakan. Gerakan ini meliputi wilayah luas dan tanda-tandanyadapat dilihat dari adanya perubahan garis pantai. Gerakan inidibedakan menjadi epirogenesa positif dan negatif. Epirogenesapositif ditandai dengan adanya kenaikan permukaan air laut sehingga garis pantai pindah ke daratan karena daratanmengalami penurunan. Sementara itu, epirogenesa negatif ditandai dengan permukaan air laut yang menurun. Salah satutandanya adalah pantai yang berteras karena mengalamikenaikan atau pengangkatan berulang kali.
b)Gerak Orogenesa
Gerakan ini merupakan gerakan pembentuk pegununganlipatan maupun patahan. Terjadi dalam waktu yang relatif lebihsingkat dan daerah yang lebih sempit.
(1)Lipatan
Lipatan terjadi ketika dua lempeng kerak Bumi yangsaling berhadapan bertabrakan. Lapisan batuan pada kerakBumi mendapat tekanan hebat yang menyebabkanpelipatan lapisan batuan. Proses pelipatan lapisan batuanini merupakan awal pembentukan pegunungan lipatan.Contohnya pembentukan pegunungan lipatan Himalaya.Terlipatnya lapisan batuan ini dapat mendorongterbentuknya perbukitan (antiklinal) dan lembah (sinklinal).Dalam suatu wilayah yang luas terkadang juga dapat dijumpai deretan antiklinal secara berulang-ulang(antiklinorium) maupun rangkaian sinklinal (sinklinorium).
Sumber:
Dokumen Penulis
Gambar 1.3
Epirogenesa positif 
Permukaan lautseolah-olah naikLAUTLAUTDARATDARAT
Sumber:
Dokumen Penulis
Gambar 1.4
Epirogenesa negatif 
LAUTDARATLAUTDARATPermukaan lautseolah-olah turun
 
5
Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas VII
Tekanan dengan tingkat tenaga yang berlainan pada lapisanbatuan dapat membentuk lipatan yang berbeda. Berikut ini gambaran terjadinya antiklinorium dan sinklinoriumserta jenis lipatan batuan.
Sumber:
Geography Essentials 3
Gambar 1.6
Jenis-jenis lipatan batuan.
Gambar 1.5
Pembentukan antiklinorium dan sinklinorium.
Sumber:
Geologi dan Perubahan
Sumber:
Dokumen Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar